Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cara Alami, Ini Pilihan Mudahnya

Jerawat adalah masalah kulit umum yang mempengaruhi orang dari segala usia. Remaja adalah mereka yang paling menderita dari jerawat karena peningkatan kadar hormon dalam tubuh mereka. Kurang tidur, stres, kebiasaan makan yang tidak sehat dan gaya hidup sibuk juga dapat menyebabkan jerawat. Jerawat bisa muncul di wajah, dada, punggung dan kulit kepala. Meskipun tidak ada obat yang pasti, namun ada beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cara alami seperti dijelaskan berikut ini :

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

1. Teh hijau
Teh hijau memiliki sifat antimikroba dan senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan jerawat. Untuk mendapatkan efek yang nyata, gunakan secangkir teh hijau sebagai pencuci muka.

2. Madu
Ini dia cara menghilangkan jerawat dengan cara alami yang mudah dilakukan di rumah. Efek antibiotik pada madu dapat membantu pemulihan jerawat di wajah. Terapkan satu sendok teh madu ke area wajah berjerawat. Anda pun bisa membuat masker dengan mencampurkan 1/2 cangkir madu dengan 1 cangkir oatmeal. Aduk rata dan aplikasikan ke area kulit wajah berjerawat. Biarkan selama 30 menit untuk kemudian bilas hingga bersih.

3. Daun Mint
Khasiat daun Mint dapat membantu menghilangkan penyumbatan minyak di pori-pori kulit wajah. Untuk membantu membersihkan jerawat, sebelumnya campurkan 2 sendok makan daun Mint segar yang dicincang halus dengan dua sendok makan yogurt polos dan dua sendok makan oatmeal. Gunakan  blender untuk mencampurnya. Terapkan ke bagian kulit wajah dengan jerawat dan biarkan selama 10 menit agar ramuan meresap. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.

4. Aspirin
Asam salisilat dalam aspirin sangat bagus untuk perawatan jerawat. Aspirin dapat mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan. Untuk mengambil keuntungan dari manfaatnya, buat pasta dengan menumbuk aspirin dengan sedikit air. Bisa juga dengan merendam empat pil Aspirin dalam 2 sendok makan air. Aplikasikan ke kulit wajah berjerawat, tunggu hingga mengering baru kemudian bilas wajah dengan air bersih.

5. Chamomile
Chamomile membantu meredakan peradangan jerawat. Menggunakan blender tuangkan sekantong teh chamomile dan tambahkan air secukupnya. Blender hingga membentuk pasta untuk kemudian segera aplikasikan ke bagian jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan cara alami ini pun bisa dilakukan dengan menyeduh dua kantong teh chamomile dengan air panas dan biarkan 15 menit. Biarkan teh dingin, kemudian gunakan bola kapas untuk mengoleskannya ke jerawat di wajah setelah sebelumnya dibersihkan terlebih dulu.

6. Aloe vera
Lidah buaya dikenal karena sifat pendinginannya sehinga dapat membantu penyembuhan jerawat, melawan infeksi, dan bahkan mengurangi jaringan parut. Ambil bagian gel lidah buaya dan langsung aplikasikan ke bagian berjerawat. Tunggu beberapa saat hingga mengering untuk kemudian dibilas sampai bersih.

7. Lemon
Lemon bertindak sebagai exfoliant, pemutih kulit, dan disinfektan untuk mengurangi munculnya bekas luka dan mencegah munculnya jerawat baru. Pada wajah berjerawat yang sudah dibersihkan oleskan sari Lemon menggunakan bola kapas. Biarkan sebentar dan kemudian bilas dengan air dingin.

8. Cuka apel
Cuka sari apel mengandung asam malat dan laktat yang dapat mengelupaskan bekas jerawat, mengurangi tanda merah, ataupun mengobati jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan cara alami ini adalah memanfaatkannya sebagai toner. Campurkan dengan berbandingan sama dari cuka sari apel dimana air. Gunakan kapas untuk mengaplikasikannya ke wajah. Jangan lupa untuk membilas wajah setelah penggunaan cuka sari apel ini.