5 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka yang Sudah Lama Tanpa Perlu ke Dokter Kulit

Wanita dengan bekas luka lama yang terekspos sungguh akan berat menjalani kehidupan ini. Bekas luka lama baik itu di wajah, di lengan atau kaki akan membawa kepercayaan diri pada tingkat terendah. Rasa malu saat mengharuskan tampil di depan publik sangat berat untuk ditanggung. Anda mungkin juga saat ini sedang mengalaminya. Anda telah mencoba semua metode cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama ini namun hanya sia-sia hasilnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Menghapus bekas luka lama memang bisa menjadi proses yang penuh tantangan tetapi tentu saja tidak mustahil untuk diwujudkan. Bekas luka bisa saja sebagai akibat dari cedera, luka bakar, jerawat, gigitan serangga, cacar air ataupun bekas operasi. Bekas luka dapat menodai keindahan kulit dan meninggalkan bekas permanen pada wajah dan kulit tubuh. Memiliki bekas luka pada wajah bisa sangat memalukan. Untuk itu anda harus tahu cara cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama sebagaimana dijelaskan berikut ini :

1. Lemon
Lemon kaya akan AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang membantu mengangkat sel kulit mati dan bertindak sebagai pemutih alami pada bekas luka lama. Jus lemon membantu menyamarkan bekas luka dan menghapusnya sedikit demi sedikit jika digunakan secara rutin. Cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama ini, pertama pastikan bahwa kulit di sekitar daerah bekas luka dibersihkan secara menyeluruh. Celupkan bola kapas dalam jus lemon kemudian gosok-gosokkan bola kapas ke area bekas luka. Biarkan dahulu selama sekitar 10 menit untuk kemudian dibilas. Setelah aplikasi jus lemon, oleskan tabir surya jika Anda berencana untuk melangkah keluar.

2. Madu
Madu mentah adalah terapi kecantikan yang sudah berusia ribuan tahun untuk memudarkan dan menghapus bekas luka. Madu akan merangsang regenerasi jaringan dan sangat efektif dalam mengobati luka. Cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama ini, campur madu mentah dan baking soda dengan perbandingan yang sama. Aplikasikan ramuan dan pijat-pijat di wilayah bekas luka selama sekitar 3-5 menit. Tempatkan handuk panas ke area tersebut. Ketika handuk mendingin, anda boleh membersihkannya dengan air bersih.

3. Bawang merah
Bumbu dapur yang satu ini adalah metode ajaib untuk bekas luka lama. Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menghambat produksi kolagen, yang pada gilirannya membantu memudarkan bekas luka. Buat ekstrak bawang datang dalam bentuk gel atau krim dasar dapat diterapkan secara teratur untuk mendapatkan kulit bebas noda. Ambil beberapa siung bawang merah, lumatkan untuk kemudian diaplikasikan ke bagian bekas luka.

4. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi iritasi kulit, menghilangkan bekas luka dan mendorong regenerasi sel-sel kulit baru. Dijual dalam bentuk salep, krim dan gel, lidah buaya dapat digunakan pada kulit setiap hari. Namun anda juga bisa membuatnya sendiri cukup dengan mengambil gel lidah buaya dan terapkan langsung ke bagian bekas luka lama.

5. Tea Tree Oil
Cara menghilangkan bekas luka yang sudah lama ini cukup simpel. Minyak pohon teh memiliki sifat anti-bakteri yang secara bertahap dapat mengurangi noda hitam bekas jerawat atau bekas operasi. Minyak pohon teh harus diencerkan dengan air sebelum diaplikasi pada wajah.